Nov 7, 2010

Fujitsu meluncurkan Notebook Lifebook L series

Fujitsu, perusahaan elektronik asal Jepang mulai bangkit kembali menunjukkan taringnya dibidang Notebook, kali ini Fujitsu meluncurkan Notebook Lifebook L series. Notebook kelas menengah ini dipersenjatai oleh Intel CoreI3 Inside. Notebook ini sangat ringan, dan performa handal ( berdasarkan hasil tes detiKINET ). Saat Notebook ini pertama kali di startup muncul tampilan seperti gambar dibawah:
Gambar diatas adalah sebuah aplikasi dari Windows 7 yang bernama Windows Experience Index yang telah terbenam pada notebook ini. Ternyata, Notebook seharga kisaran Rp 7 juta rupiah ini, mendapatkan rating bintang 5.0. Notebook ini juga dibekali dengan OS Microsoft Windows 7 Home Basic 64-bit dan RAM yang berdaya 2 GB, ini adalah keanehan yang dirasakan tim detiKINET, mengapa RAM yang dibekali tidak langsung 4 GB sekalian saja untuk Notebook seharga Rp 7 jutaan ini.

Desain

Sekarang kita mulai melirik kebagian desain laptop yang satu ini. Laptop ini hanya berbobot 2.2 kg, di laptop ini juga tidak memiliki banyak indikator lampu LED atau tombolo shortcut di keyboard. Tombol power pada keyboard menyala dengan LED berwarna biru yang menarik. Untuk peletakan indikator Wi-Fi, baterai, charging, dan harddisk terletak di bagian pojok kiri bawah dengan kebanyakan menggunakan lampu LED berwarna biru.

Kenyamanan kian terasa pada keyboard spill-resistant yang dimiliki. Masing-masing tombol keyboard diposisikan dengan sangat baik sehingga akan memudahkan bagi mereka yang ingin ngebut dalam melakukan pengetikan ketika mengerjakan tugas kantor.

Untuk display, laptop ringan ini sudah menggunakan teknologi Super Fine HD BacklightLED pada layar 14 inchi yang diusungnya. Alhasil Lifebook L Series dapat mencapai resolusi maksimal sebesar 1366 x 768 pixel.


Performa: Speaker Kurang Nendang

Dengan prosesor Intel Core i3 yang diusungnya, jelas produk ini tidak dikategorikan sebagai laptop multimedia ataupun bagi kebutuhan game. Berbekal bobot ringan 2.2 kg, layar 14 inchi, Lifebook L Series ini memang cocok untuk kebutuhan kantoran.

Saat digunakan untuk mengetik, sembari mendengarkan MP3, serta menunggu unduhan file di internet, laptop ini tampak tak mengalami banyak kendala. Tak puas dengan itu,detikINET mengujinya dengan melakukan retouching foto sederhana dengan Adobe Photoshop. Hasilnya laptop hitam ini masih bisa menghandlenya dengan baik. 

Masih kurang puas juga, detikINET menantang Fujitsu Lifebook L Series dengan menjalankan video berformat HD berjudul Transformer 2 dengan format .mkv. Walau videonya berjalan lancar, ternyata kekurangan laptop ini langsung ketahuan.

Produk ini memiliki speaker bawaan dengan kualitas buruk. Suara bass tak terdengar, dan dinada tinggi suara treble terasa cempreng. Wajar saja, pasalanya laptop ini tak ada 'logo' speaker ternama seperti harman/kardon atau Altec Lansing yang menempel di bodynya. Dari jeroannya Lifebook L Series juga tak dibekali teknologi audio yang mumpuni. 


Kesimpulan:

Dengan kelebihan serta kekurangan diatas, maka Fujitsu L Series ini cocok digunakan bagi para pekerja kantoran maupun mahasiswa. Dengan prosesor Core i3 yang diusungnya plus body ringan, laptop 14 inchi ini pas untuk dimasukan tas dan diajak berpergian. Pengguna yang berminat dapat merogoh koceknya sekitar Rp 7 jutaan.


Kelebihan:
+ Simpel dan berbobot ringan
+ Harga relatif bersaing

Kekurangan:
- Speaker kurang bagus
- OS 64-bit, tapi memori RAM hanya 2 GB



Spesifikasi Umum:
- CPU: Intel Core i3  M330 (2,13 Ghz)
- OS: Windows 7 Home Edition (64-bit)
- GPU: ATI Mobility Radeon HD 5430 (512MB)
- Display: 14 inchi (1366x768)
- Memori RAM: 2GB
- Baterai: 6-cell
- Berat: 2.2 kg
- I/O: 3 USB, 5-in-1 card reader, VGA, jack audio, LAN
- Storage: 320GB
- Harga: Rp 7 jutaan


Skor Benchmark 3922 - PC Mark
Memories Suite             : 2296
Gaming Suite               : 3284
Music Suite                  : 3587
Communication Suite    : 3209
Productivity Suite          : 3040
HDD Test Suite             : 2698




0 comments:

Post a Comment

    Blogger news

    Back to top
notifikasi
close