Mar 19, 2011

Malware tersebar melalui chat facebook

Hari ini kami baru saja mendapatkan laporan bahwa ada modus penyebaran Malware lewat Facebook Chatting muncul kembali, kali ini aksinya menyebarkan sebuah link shorten bit.ly yang terhubung ke situs porno. Akun Facebook sang moderator pun mendapatkan link itu dan mencurigainya sebagai malware, benar saja, saat diuji di Virus Total ternyata mengandung Malware.


Hasil tersebut juga kami bandingkan dengan aplikasi facebook bernama Norton Safe Web, ternyata dari 2 link yang menyebar tersebut, sama sama berbahaya. Memang belum banyak yang melapor, tetapi sudah banyak yang menjadi korban ini.


Sejauh ini kami telah bekerja sama dengan Virus Total untuk kejadian ini. Kami akan terus memantaunya lewat facebook dan akan melaporkan perkembangannya. Aksi awalnya adalah menyebarkan link malware tanpa si pemilik akun mengetiknya dan men-copasnya.

Pencegahan


Kami menyarankan jika mendapatkan sebuah link yang mencurigakan jangan segera meng-kliknya, gunakan online scan dari Virus Total disini untuk mulai men-scan link tersebut. Jika aman silahkan anda klik, jika tidak dan resultnya 1 - 6 sebaiknya jangan anda klik, setelah itu ganti password anda setidaknya 2 kali seminggu.


Jika anda telah meng-kliknya anda lihat versi AntiVirus anda, jika terbaru segerakan men-scan PC / laptop anda, jika belum segerakan perbarui versinya ke yang terbaru, untuk basic kami merekomendasikan AVG AntiVirus Free Edition 2011 ( versi 10 ) dan PC Media AntiVirus ( PCMAV ) Valhalla.




Thanks to Norton Safe Web, Virus Total, and Facebook User

0 comments:

Post a Comment

    Blogger news

    Back to top
notifikasi
close